IP

Translate

Tuesday, August 23, 2011

10 Pemadangan Dilihat Dari Langit Yang Terindah



1. Hong Kong, China




2. Chicago, Amerika Serikat




3. New York, Amerika Serikat




4. Shanghai, China




5. Singapura, Singapura




6. Tokyo, Jepang




7. Toronto, Kanada




8. Kuala Lumpur, Malaysia




9. Shenzen, China




10. Seattle, Amerika Serikat




Sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/10/10-pemandangan-langit-terindah-di-dunia.html

Sunday, August 21, 2011

10 Peristiwa Tenggelamnya Kapal Laut



10. Kapal Uap SS Republic (1865)




Dalam kasus kapal Republic, kapal ini dipenuhi dengan berton-ton koin perak dan emas dan ingot diangkut dari Pantai Barat untuk membantu membangun kembali wilayah selatan yang dilanda perang, membuat kerugiannya menjadi sebuah pukulan keuangan yang tak terhitung pada negara pada saat itu, yang masih berjuang untuk memulihkan ekonomi setelah empat tahun mengalami perang sipil. Lokasi kapal masih belum diketahui sampai 2003, sampai setelah sebuah pencarian ekstensif sekitar 100 mil lepas pantai Georgia di kedalaman hampir 1.700 meter .


(Satu-satunya hal positif dari tenggelamnya kapal ini adalah bahwa seluruh kru kapal dan penumpang berhasil turun dengan selamat sebelum kapal kandas, sehingga ini menjadi salah satu bangkai kapal terkenal yang tidak membawa korban jiwa bersamanya)


Upaya pengangkatan tidak hanya menghasilkan salah satu hasil dari koin emas dan perak terbesar dalam sejarah, tetapi termasuk bermacam-macam barang menarik abad ke-19 yang mengungkapkan banyak tentang kehidupan di pertengahan abad kesembilan belas. Pada saat upaya itu, lebih dari 51.000 buah koin emas dan perak AS diangkat bersama dengan hampir 14.000 artefak, sehingga tidak hanya menjadi penemuan dengan nilai tertinggi, tetapi ini merupakan penggalian arkeolog dengan teknologi tertinggi yang pernah dilakukan.


9. Kapal Pengangkut Edmund Fitzgerald (1975)





Kebanyakan orang membayangkan lautan luas menjadi perairan paling berbahaya untuk berlayar, beberapa perairan terburuk di dunia sebenarnya ada di Great Lakes, yang memiliki jumlah kapal karam terbanyak jika dihitung per mil persegi wilayahnya daripada hamparan lautan di dunia. Yang paling terkenal terjadi pada tanggal 10 November 1975, ketika pemmbawa bijih raksasa Edmund Fitzgerald, kapal terbesar di Great Lakes dan pemegang catatan tonase banyak, terjebak dalam badai ganas, setelah berjam-jam berjuang melawan angin kencang dan gelombang 10 meter, tiba-tiba menghilang dari radar tanpa adanya panggilan darurat tunggal, bersama 29 awak yang ada. Bencana mungkin tidak begitu dikenal di luar masyarakat maritim Great Lakes, sampai penyanyi / penulis lagu Gordon Lightfoot menulis sebuah lagu populer tentang tenggelamnya kapal ini pada tahun 1976. Penyebab tenggelamnya kapal tersebut belum pernah ditentukan, survei kemudian dilakukan pada kecelakaan mengungkapkan bahwa kapal sepanjang 800 kaki ini terbelah dua, karena hempasan gelombang.


8. Union Ironclad USS Monitor




Meskipun kapal ini relatif kecil yang tenggelam saat badai terkenal Cape Hatteras, Virginia pada malam tahun baru, 1862 membawa 16 awak, nyaris tak diperhatikan oleh pers pada saat itu, gagasan dari seorang insinyur angkatan laut kecil yang dikenal dengan nama Yohanes Ericsson, Kapal Monitor, adalah kapal dengan bahan seluruhnya terbuat dari logam pertama, kapal yang menjadi tonggak inspirasi dalam sejarah, menjadi prototipe bagi apa yang akan menjadi standar untuk desain kapal perang untuk 1,5 abad berikutnya. Lokasi yang tepat kapal tetap tidak diketahui selama lebih dari satu abad sampai terletak 1973, lokasi dinyatakan 16 mil di lepas pantai Virginia , dan setelah itu ditetapkan sebagai bangunan bersejarah nasional di kawasan ini, sehingga terlarang bagi penyelam dan salvagers. Akhirnya, pemerintah memberi izin untuk unsur-unsur kapal untuk dibawa ke permukaan, sehingga pemulihan mesin uap yang sangat besar dan pada tahun 2002, dijadikan tonggak menara revolusioner. Situs ini sekarang di bawah pengawasan NOAA, dengan banyak artefak dari kapal, termasuk menara, meriam, baling-baling, jangkar, mesin dan beberapa barang pribadi dari kru, yang dipajang di Museum Mariners Newport News, Virginia .


7.  Kapal Pesiar Andrea Doria, Italia (1956)





Meskipun bukan kapal penumpang paling terkenal yang pernah tenggelam, ketika kapal mewah Line Italia bertabrakan dengan liner Stockholm Swedia dalam kabut tebal di lepas pantai Massachusetts pada bulan Juli 1956 dan tenggelam beberapa jam kemudian, cukup mengejutkan dunia. Apa yang membuat suatu kejutan bukan skala bencana hanya 46 dari 1660 orang di dalamnya meninggal sebagai akibat dari tabrakan tapi fakta bahwa seperti tabrakan antar kapal bahkan bisa terjadi dalam zaman teknologi tinggi radar dan komunikasi radio kapal. Akhirnya kesalahan untuk tabrakan ditempatkan pada kedua kapten , bukan hanya karena kecepatan kapal yang lumayan (20 Knot) saat kabut, juga karena salah penafsiran komunikasi. Mungkin bahkan tidak berakhir dengan hilangnya nyawa dan tenggelamnya salah satu kapal paling mahal yang pernah dibangun. Hari ini Doria Andrea tetap menjadi salah satu situs paling populer di dunia diving (itu bahkan disebut sebagai "Gunung Everest" bagi lokasi penyelaman laut), karena kedalaman dan kondisi cuaca yang cepat memburuk di dalam rongsokan kapal, menjadi salah satu situs penyelaman berbahaya, dan ini dibuktikan oleh fakta bahwa telah ada lusinan korban dari para penyelam.


6.  Kapal Pesiar Wilhelm Gustloff Jerman (1945)





Fakta bahwa kapal ini adalah yang mempunyai jumlah korban nyawa terbanyak dalam sejarah kehidupan maritim ketika kapal yang kelebihan beban ini membawa Tentara Merah menuju Polandia utara pada musim dingin 1944 - 1945 meninggalkan pelabuhan Danzig (Gdansk modern) yang dingin Januari malam di 1945, sebelum ditenggelamkan oleh kapal selam Rusia tak lama setelah mencapai laut terbuka. Tidak hanya tenggelam dalam hitungan menit, tapi dengan suhu air dua derajat di atas titik beku, bahkan awak kapal yang tidak terjebak di bawah dek memiliki kesempatan minimal bertahan hidup di perairan dingin Baltik. Tidak seorang pun akan tahu jumlah yang tepat dari orang yang meninggal ketika Gustloff tidak memiliki daftar penumpang, dan sebagai kapal pengungsi, kapal ini memuat sampai tiga kali kapasitas normal. Namun, perkiraan terbaik adalah bahwa sebanyak 10.000 orang berada di atas kapal kala itu, dengan 900-an orang yang berhasil diselamatkan kala itu.


5. Kapal Perang USS Maine Amerika (1898)




Kapal perang biasanya tenggelam sebagai akibat dari pecahnya perang, jarang kapal tenggelam saat akan memulai perang di tempat pertama, tapi itulah yang terjadi ketika kapal perang kecil tapi kuat Maine meledak di Pelabuhan Havana pada waktu senja tanggal 15 Februari 1898, menewaskan 261 dari 355 orang krunya. Meskipun penyebab ledakan tetap menjadi sumber untuk beberapa perdebatan bahkan sampai hari ini (batubara ,amunisi di salah satu majalah kapal dianggap alasan yang paling mungkin), dalam minggu para peneliti bencana mengumumkan bahwa kapal itu tampaknya telah dihancurkan oleh sebuah tambang melekat pada lambung kapal. Karena hubungan antara Amerika Serikat dan Spanyol tidak pasti sebagai akibat dari tangan besi Spanyol meletakkan pemberontakan besar-besaran di Kuba, Amerika paling cepat melompat kepada kesimpulan bahwa Spanyol telah menghancurkan kapal (meskipun kekurangan logika dalam melakukannya) dan menuntut pembalasan. Menghadapi tekanan publik dan didorong jingoistic pers , beberapa minggu kemudian administrasi McKinley mendeklarasikan perang terhadap Spanyol, sehingga dalam salah satu konflik Amerika terpendek dan paling sukses. Keuntungan dari Amerika Serikat dengan kekuatan personel dan senjata baru, sedangkan Spanyol sudah menurun kekuatan militernya untuk mempertahankan koloni di luar negeri, membuat Spanyol menyerah setelah perang 3 bulan, dan menyerahkan Kuba, Puerto Rico, Filipina untuk Amerika. Kemenangan tersebut menandai masuknya Amerika ke panggung dunia dan kenaikan sebagai kekuatan kolonial asli dan sisanya. Pada tahun 1911 kapal ini ditarik keluar dengan penghormatan militer penuh.


4.  Kapal Perang Bismarck Jerman (1941)





Hanya sedikit kapal perang yang mempunyai riwayat seperti ini. Tenggelam pada pelayaran perdana, sekaligus menjadi kapal perang paling ganas yang pernah mengarungi laut (dan bahkan ada lagu yang menggambarkan kisah itu) dan Kapal besar Dreadnaught milik Jerman mempunyai semua kisah itu. Kebanggaan angkatan laut Jerman dan sebuah kapal pernah digambarkan oleh Winston Churchill sebagai, "sebuah karya konstruksi angkatan laut," yang sangat cepat melaju, kapal perang dengan persenjataan yang mengungguli Royal Navy selama 8 hari pada Mei 1941. Akhirnya Bismarck terpojok di lepas pantai Perancis pada tanggal 27 Mei 1941 oleh kapal perang King George V dan kapal perang Rodney, kapal yang telah mengalami kerusakan terus melakukan perlawanan kepada pasukan Inggris yang sangat unggul sebelum akhirnya menyerah dan karam ke dasar Atlantik, 115 awak dari 2.200 awak ikut tenggelam bersamanya. Yang sempat membuat Inggris shok, karena meriam kapal ini bisa membuat Kapal perang Prince of Wales mengalami kerusakan yang sangat parah dan tenggelam selama pertempuran 20 menit di lepas pantai Islandia. Lokasi tenggelamnya kapal tetap misteri sampai tahun 1989, ketika ia ditemukan oleh Dr Robert Ballard (orang yang akhirnya menemukan letak Titanic) dan timnya menggunakan side-scan sonar dan submersible. Hebatnya, karena kontruksinya yang benar-benar kuat, bagian kapal masih utuh di dasar laut meskipun ada bekas terkena peluru meriam, dan hari ini kapal perang hebat ini menjadi pengingat bisu tentang mahalnya biaya dan kesia-siaan karena perang.


3. Kapal Lusitania Inggris (1915)




Meskipun tidak cukup terkenal seperti Titanic yang berukuran sama, dalam beberapa hal, tenggelamnya Lusitania bahkan lebih penting dalam hal konsekuensi sejarah daripada hilangnya Titanic
Sedangkan korban jiwa tidak kurang dari 1.200 pria, wanita, dan anak-anak tenggelam bersamanya, saat kapal ini ditenggelamkan oleh kapal selam Jerman di lepas pantai Irlandia pada 7 Mei 1915. Tenggelamnya kapal ini menjadi katalis untuk masuknya Amerika untuk terlibat dalam Perang Dunia Pertama, yang akhirnya mengubah hasil dari perang dan memastikan kemenangan sekutu. Tenggelam itu bukan tanpa kontroversi lain juga. Apa yang terutama curiga tentang keturunan cepat kapal ke bawah adalah bahwa hal itu dilakukan oleh sebuah torpedo tunggal ketika pembuluh yang lebih kecil sering selamat seperti memukul, menyebabkan banyak orang untuk curiga bahwa kapal sipil membawa amunisi ilegal di papan tulis. Tenggelamnya Kapal Pesiar ini bukannya tanpa kontroversi, apa yang dituduhkan sebagai penyebab adalah kapal ini karam oleh tembakan torpedo tunggal yang merusak lambung kapal. Karena pihak Jerman curiga kapal sipil ini membawa amunisi ilegal bersamanya. Meskipun tuduhan itu ditolak mentah-mentah oleh pemerintah Inggris pada waktu itu, tahun kemudian hal itu menunjukkan bahwa Inggris, memang menggunakan kapal sipil untuk membawa amunisi dan instrumen perang lainnya, hal ini jelas melanggar perjanjian internasional. Itu tidak selalu membenarkan pembunuhan warga sipil tak berdosa, tentu saja, tapi hal itu membuat pemerintah Inggris agak bersalah untuk prospek bencana yang mana mereka benci untuk mengakui bahkan sampai hari ini. Mungkin hal itu tetap bukan alasan untuk menjadikan warga sipil yang tak bersalah menjadi korban, dan tentu saja hal ini membuat Pemerintah Inggris agak gerah dan merasa bersalah atas bencana yang telah menimpa, dan mereka benci untuk mengakuinya bahkan sampai hari ini


2. Kapal Perang USS Arizona Amerika (1941)






Apa yang membuat kapal ini sangat terkenal bukan saja karena Kapal ini adalah korban besar dan mahal pertama menandai dimulainya Perang Dunia II, saat kapal USS Arizona ini tenggelam ketika Jepang membuka serangan ke Pearl Harbour. Juga Karena bangkai kapal ini bisa anda kunjungi tanpa peralatan menyelam ataupun anda tak harus basah. Tenggelam di menit pembukaan serangan mendadak Jepang terhadap Pearl Harbor, 7 Desember 1941 dengan hilangnya hampir dua-pertiga dari awak, kapal yang dijadikan sebagai simbol tekad Amerika yang membawa negara ini melalui hari-hari gelapnya pada Perang Dunia II.  Hari ini kapal tetap menjadi kuburan perang paling terkenal di dunia dan salah satu yang didatangi lebih dari satu juta pengunjung setiap tahun, yang datang untuk mengunjungi monumen dibangun di atas sisa-sisa kapal perang yang berkarat yang dulu begitu dijaya. Meskipun telah direndam dalam air garam selama hampir 70 tahun, kapal masih sangat utuh. Hal ini juga tetap merupakan kuburan aktif, karena banyak dari para awaknya yang dulu selamat dari serangan Jepang ketika meninggal di kemudian hari di kremasi di sini dan abunya ditebar, dimaksudkan agar bergabung dengan rekan-rekan krunya yang telah tewas lebih dulu, terperangkap di dalam lambung kapal dan tenggelam bersama USS Arizona.


1. Kapal Pesiar Inggris, Titanic (1912)





Memilih kapal karam yang paling terkenal adalah mudah. Lebih banyak orang tahu tentang kapal naas ini pada perjalanan perdananya karena film tahun 1997 oleh James Cameron . Tentu saja, semua orang tahu apa yang terjadi sekarang. White Star liner, baru keluar dari galangan kapal dan berkilau baru, berada di pelayaran perdananya dari Inggris ke New York ketika itu menghantam gunung es tepat sebelum tengah malam, 14 April 1912, kapal itu terbelah seperti sarden dan mengirimnya ke dasar samudra hanya dalam beberapa jam. Seharusnya masih banyak waktu tersisa untuk menyelamatkan para penumpang dan krunya keluar dari kapal itu, namun Titanic hanya membawa kurang dari setengah jumlah sekoci yang dibutuhkan, menenggelamkan lebih dari 1.500 pria, wanita dan anak-anak dalam lokasi kuburan massal di samudra (Titanic membawa 2.200 orang). Satu-satunya hal positif dari tragedi itu adalah mulai ditingkatkannya keamanan dan prosedur komunikasi yang dilaksanakan seluruh masyarakat maritim (dalam jangka panjang, mungkin menyelamatkan lebih banyak orang selama beberapa dekade mendatang daripada yang tenggelam bersama Titanic). Lokasi yang tepat kapal tetap tidak diketahui sampai 70 tahun berikutnya, sampai tim ahli kelautan yang dipimpin oleh Dr. Robert Ballard yang terkenal pada tahun 1985, dengan demikian membuka pintu untuk minat baru di kapal yang terkenal (dan menjadi bagian dari film Cameron berikutnya, bagian asli dari bangkai kapal Titanic yang difilmkan berada hampir 3.200 meter di bawah permukaan Samudra Atlantik).


Saturday, August 20, 2011

10 Fakta Dibalik Layar Film Harry Potter





1. Tongkat Ajaib




Setiap tongkat di film Harry Potter dibuat di tempat termasuk tongkat milik Daniel Radcliffe yang sampai berjumlah 60 - 70 buah karena haus dipakai selama tujuh film terakhir. Sama seperti di buku, tidak ada dua tongkat yang sama, bahkan tongkat milik si kembar identik Fred dan George Weasley. Meskipun Radcliffe telah memakai beberapa tongkat, sebagian besar tongkat dibuat secara konsisten dengan panjang sekitar 33 - 38 cm, seperti di buku. Ini berarti justru karakternya yang tumbuh besar dengan tongkat yang sama selama bertahun-tahun pembuatan film. Tongkat Dumbledore yang berdesain rumit juga tetap sama, padahal dulu perusahaan film dan seluruh dunia tidak tahu bahwa tongkat tersebut merupakan "The Elder Wand".


2. Adegan di Aula Besar Hogwarts




Lebih dari 600 seragam sekolah dibuat untuk film Harry Potter. Adegan pertempuran di "Harry Potter and the Deathly Hallows" menjadi adegan dengan jumlah terbesar pembuatan seragam untuk para pemain dan pemain ekstra  bisa dilihat sewaktu final 400 orang Death Eaters dan Snatchers bergabung dengan 400 orang guru dan murid Hogwarts berkumpul di Aula Besar.


3. Replika Properti Film




Yang terlihat di foto sebenarnya hanya sebagian dari 210.000 koin dibuat untuk adegan Bank Gringotts di dua film terakhir. Artefak lainnya yang juga diduplikasi dalam jumlah banyak adalah salah satunya liontin Salazar Slytherin, yang dibuat sampai 40 replika untuk mengakomodasi adegan Harry dan Ron sewaktu berusaha menghancurkannya.


4. Wajah Populer Harry Potter




Tanda kilat di dahi Harry Potter telah dibuat oleh tim makeup kira-kira sebanyak 5.800 kali. Sekitar 2000 kali tanda tersebut diaplikasikan langsung di wajah Radcliffe, sementara sisanya diaplikasikan di dahi para pemain penggantinya. Meskipun barang properti favorit Radcliffe di film itu adalah kacamatanya, ternyata kacamata tersebut telah diganti sebanyak 160 kali.


5. Busana Dalam Film Harry Potter




Lebih dari 25,000 busana telah digunakan sepanjang film Harry Potter.

6. Naga Gringotts





200 makhluk ajaib telah diciptakan untuk seri film Harry Potter, termasuk naga ini. Aragog, sang Acromantula (laba-laba raksasa) yang ditampilkan dalam film kedua, "Harry Potter and the Chamber of Secret", memiliki rentang kaki dari 5.48 meter. 250 hewan non-robot telah digunakan dalam film, yang terbesar adalah seekor kuda nil dan yang terkecil adalah kelabang.

7. Shell Cottage





Rumah Bill dan Fleur, di mana Harry, Ron dan Hermione berlindung di film terakhir, 90% dikerjakan di Leavesden Studio dan kemudian dipindahkan ke Fresh Water West di Wales. Rumah tersebut diangkut oleh traktor di sepanjang pantai sebelum dibawa menaiki bukit pasir oleh kru. Lokasi itu menjadi lokasi paling sering difoto oleh penggemar. 4.500 keping kerang raksasa dibutuhkan untuk atap pondok, dan bahkan ratusan helai rumput ditanam secara individual ke dalam pasir di bukit sekitarnya. Settingan rumput ini tahan angin pantai berkat 10.9 ton air yang digunakan sebagai beban untuk menahannya.


8. Snape dan Voldemort Bertemu di Rumah Perahu




Ini hanyalah salah satu dari 588 set yang telah dibuat untuk film Harry Potter – produk dari 58 orang staf Departemen Seni. Banyak set telah diciptakan di lahan Leavesden Studio. 80 hektar studio menyediakan hingga 46.500 meter persegi set panggung. Termasuk juga settingan panggung untuk terbang (sapu di film Harry Potter yang dibuat dari titanium untuk pesawat).

9. Kostum dan Topeng





Tentara patung yang digunakan untuk melawan Voldemort di Hogwarts ini hanya sebagian karakter yang mengenakan topeng dalam film. Memang betul, topeng dari Death Eaters-lah yang paling menuntut keterampilan dari para kru. Ini merupakan asil kolaborasi antara Departemen Seni dan Departemen Properti. Semua topeng Death Eaters diukir oleh tim Departemen Seni dan dicetak langsung ke wajah para aktor selama 2,5 menit sampai mengeras. Kemudian Tim Properti menyelesaikannya dengan membuat desain timah secara individual.

10. Ron dan Hermione di Antara Puing-Puing




Adegan ini menampilkan hanya sebagian dari 29 ton puing polistiren yang dibawa oleh 5 buah truk digunakan dalam film Deathly Hallows.

Friday, August 19, 2011

10 Kereta Tercepat di Dunia



10. Siemens Velaro RUS




Kecepatan : 175 mph
Kapasitas : 600 Penumpang
Negara : Rusia


9. THSR 700 T




Kecepatan : 186 mph
Kapasitas : 989 Penumpang
Negara : Taiwan


8. KTX - 1




Kecepatan : 190 mph
Kapasitas : 965 Penumpang
Negara : Korea Selatan (Kor-Sel)


7. Eurostar 3313 / 14




Kecepatan : 208 mph
Kapasitas : 750 Penumpang
Negara : Inggris


6. ETR 500 Frecciarossa




Kecepatan : 225 mph
Kapasitas : 590 Penumpang
Negara : Italia


5. AVE Class 103




Kecepatan : 251 mph
Kapasitas : 404 Penumpang
Negara : Spanyol


4. Transrapid TR - 07




Kecepatan : 270.3 mph
Kapasitas : (Masa Percobaan)
Negara : Jerman


3. CRH 380 AL




Kecepatan : 302 mph
Kapasitas : 600 Penumpang
Negara : China


2. TGV V 150




Kecepatan : 357 mph
Kapasitas : (Masa Percobaan)
Negara : Perancis


1. JR - Maglev MLX 01




Kecepatan : 361 mph
Kapasitas : (Masih Percobaan)
Negara : Jepang


Sumber: Serba Sepuluh (10 Kereta Tercepat di Dunia)

Sunday, August 14, 2011

10 Bangunan Tertinggi di Dunia 2011



10. Empire State Building, New York






Ini adalah bangunan si ‘King Kong’. Empire State Building memiliki 102 lantai dengan ketinggian 381 meter yang terletak di New York City, di persimpangan Fifth Avenue dan West 34th Street. Namanya berasal dari julukan untuk New York - The Empire State. Empire State Building berdiri sebagai bangunan tertinggi di dunia selama lebih dari 40 tahun, dari selesai pada tahun 1931 sampai pembangunan World Trade Center Menara Utara selesai pada tahun 1972. Setelah hancurnya World Trade Center pada tahun 2001, Empire State Building sekali lagi menjadi bangunan tertinggi di New York City. Empire State Building telah ditunjuk oleh American Society of Civil Engineers sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern. The Empire State Building saat ini merupakan pencakar langit tertinggi ketiga di Amerika Serikat (setelah Tower Willis dan Trump International Hotel dan Tower, di Chicago), dan tertinggi 15 di dunia.


9. Two International Finance Centre, Hongkong






Two International Finance Centre merupakan pusat keuangan dan komersial terpadu di Hong Kong. Sebuah bangunan terkemuka di Pulau Hong Kong, Tower 2 adalah bangunan tertinggi kedua di Hong Kong International Commerce Center di Kowloon Barat. IFC dibangun dan dimiliki oleh IFC Development, sebuah konsorsium dari Sun Hung Kai Properties. Pada tahun 2003, Financial Times, HSBC, dan Cathay Pacific memasang iklan pada fasad yang membentang lebih dari 50 lantai, seluas 19.000 m² (0.2 juta kaki persegi) dan panjang 230 m, sehingga memecahkan rekor iklan terbesar di dunia yang memakai gedung pencakar langit.


8. Jin Mao Tower, Shanghai






Jin Mao Tower sampai tahun 2007 menjadi bangunan tertinggi di RRC. Bangunan ini berisi kantor-kantor dan hotel Shanghai Grand Hyatt. Tingginya dikalahkan pada tanggal 14 September 2007 oleh Shanghai World Financial Center. Bangunan ini memiliki 93 lantai dengan ketinggian 420 meter. Bangunan ini menggunakan sistem rekayasa teknik struktural canggih yang mampu menahan angin topan dan gempa bumi hingga 7 pada skala Richter. Poros baja memiliki sendi geser yang berfungsi sebagai shock absorber untuk meredam gaya lateral yang dikenakan oleh angin dan gempa.


7. Guangzhou International Finance Centre, Guangzhou




Bangunan ini memiliki 103 lantai dengan ketinggian 440 m. Konstruksi bangunan, dirancang oleh Wilkinson Eyre, mulai dibangun pada bulan Desember 2005. Ketika selesai, bangunan akan digunakan sebagai pusat konferensi, hotel dan gedung perkantoran. Lantai 1-66 direncanakan untuk digunakan sebagai kantor, lantai 67-68 adalah peralatan mekanik, lantai 69-98 sebagai Four Seasons Hotel dan di lantai 99 dan 100 akan ada sebuah dek observasi. Lobi hotel ini terletak di lantai 70.

6. Willis Tower, Chichago




Willis Tower, sebelumnya bernama Sears Tower, adalah bangunan 108 lantai dengan ketinggian 442 m di Chicago, Illinois. Pada saat penyelesaian pada tahun 1974, itu adalah gedung tertinggi di dunia, melampaui menara. World Trade Center di New York, dan peringkat ini dipegang selama hampir 25 tahun. Saat ini Willis Tower adalah gedung tertinggi di Amerika Serikat. Meskipun hak Sears terhadap penamaan berakhir pada tahun 2003, bangunan terus disebut Sears Tower selama beberapa tahun. Pada bulan Maret 2009 broker asuransi yang berbasis di London Willis Group Holdings, Ltd, setuju untuk menyewakan sebagian bangunan dan memperoleh hak penamaan gedung. Pada tanggal 16 Juli 2009, gedung ini resmi berganti nama menjadi Willis Tower.



5. Petronas Tower, Kuala Lumpur






Menara Kembar Petronas (juga dikenal sebagai Petronas Tower atau KLCC) adalah gedung pencakar langit dan menara kembar di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara Kembar Petronas adalah gedung tertinggi di dunia selama enam tahun, sejak 1998 sampai Taipei 101 selesai pada tahun 2004, tapi tetap merupakan bangunan kembar tertinggi di dunia. Bangunan ini memiliki ketinggian 452 meter dengan 88 lantai.


4. Taipei 101, Taipei






Taipei 101 sebelumnya dikenal sebagai Taipei World Financial Center, adalah sebuah gedung pencakar langit landmark yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Bangunan ini adalah pemegang rekor bangunan tertinggi di dunia dari tahun 2004 sampai pembukaan Burj Khalifa di Dubai pada tahun 2010. Bangunan ini telah menjadi ikon Taiwan modern sejak pembukaannya. Taipei 101 terdiri dari 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai bawah tanah. Nama menara mencerminkan jumlah lantainya. Bangunan ini secara arsitektural dibuat sebagai simbol dari evolusi teknologi dan tradisi Asia postmodernis. Taipei 101 dimiliki oleh Taipei Financial Center Corporation (TFCC) dan dikelola oleh Divisi Internasional Urban Retail Properties Corporation yang berbasis di Chicago.


3. International Commerce Centre, Hong Kong






International Commerce Center adalah gedung pencakar langit berlantai lantai 118 dengan ketinggian 484 m yang selesai dibangun pada tahun 2010 di West Kowloon, Hong Kong. Bangunan ini diselesaikan secara bertahap dari 2007 sampai 2010. Setelah selesai pada tahun 2010 menjadi gedung pencakar langit Hong Kong gedung tertinggi, dengan atap tertinggi ketiga di dunia setelah Burj Khalifa dan Shanghai World Financial Center.


2. Shanghai World Financial Centre, Shanghai






Merupakan bangunan tertinggi di Shanghai dengan tinggi 492 meter. Shanghai World Financial Center di dibangun dari tahun 1997-2008 terletak di Shanghai, Cina. Bangunan ini terdiri dari perkantoran, hotel, ruang konferensi, observasi dan pusat perbelanjaan. Fitur yang paling khas dari desain bangunan adalah lobang berukuran besar di puncak yang dirancang untuk mengurangi tekanan angin. Bengunan ini letaknya bersebelahan dengan Jin Mao Tower.


1. Burj Khalifa, Dubai






Ini dia bangunan tertinggi saat ini. Burj Khalifa (Menara Khalifa), sebelumnya bernama Burj Dubai, sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang memiliki tinggi 828 m. Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat manusia yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Bangunan ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam. Bangunan ini memiliki rekor lantai terbanyak 163 lantai (sebelumnya dipegang oleh Willis Tower dan World Trade Center dengan 110 Lantai)


Sumber: Fakta Aneh dan Unik (10 Bangunan Tertinggi di Dunia 2011)

Catatan :

Semua post (tertentu) yang saya terbitkan telah saya cantumkan alamat/sumber.